BeritaBola.co.idPekan pertama Liga 1 2020 dipimpin Madura United di puncak klasemen dengan tiga poin. Jumlah angka itu sama dengan Arema Malang, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura dan PSM Makassar.

Tapi puncak klasemen diduduki Madura karena berhasil menang dengan skor 4-0 dari Barito Putera. Gelontoran dua gol Alberto Goncalves serta masing-masing dari Bruno Matos dan Jaimerson Xavier, membuat kemenangan Madura lebih besar daripada lima kesebelasan papan atas lainnya.

Selanjutnya, Madura akan melawan Persiraja di Stadion Gelora Madura Rato Pameling, Pamekasan, Senin (9/3).  Di bawah Madura, ada Persib yang menang atas Persela Lamongan dengan skor 3-0.

Pemain Baru Persib dan Persija Langsung Unjuk Gigi

Duet di lini depan Persib, yaitu Geoffrey Castillion dan Wander Luiz merupakan pencetak gol kemenangan Persib. Dua penyerang asing itu merupakan pemain baru Persib pada Liga 1 2020.

Dua pemain baru Persija pun mencetak gol kemenangan ketika mengalahkan Borneo FC dengan skor 3-2. Masing-masing pemain baru itu adalah Evan Dimas dan Osvaldo Haay.

Sementara satu gol lagi dicetak Marko Simic yang sudah memperkuat Persija sejak dua musim lalu.

Kesebelasan Promosi Langsung Tunjukan Sensasi

Pertandingan Persebaya Surabaya dengan Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, menjadi pertandingan pembuka Liga 1 2020. Puluhan ribu pendukun Persebaya harus dibungkam dengan hasil seri 1-1.

Selain Persik, Persiraja banda Aceh dan Persita Tangerang sebagai kesebelasan promosi juga berhasil menahan imbang lawan-lawannya. Persiraja berhasil menahan imbang Bhayangkara FC yang bertabur bintang dengan skor 0-0.

Bahkan skor itu juga yang didapatkan Persita ketika melawan Bali United sebagai juara bertahan. Hasil yang didapatkan Bali seolah menjadi kutukan kepada juara bertahan dalam dua musim terakhir. Bhayangkara dan Persija pun kesulitan pada musim berikutnya dengan status juara bertahan.

Sensasi Kushedya Hari Yudo di Penutupan Pekan 1

Arema berhasil mengalahkan tuan rumah PS Tira Persikabo dengan skor 2-0 pada laga penutupan Liga 1 pekan pertama di Stadion Pekansari, Senin (2/3). Dua gol Arema itu diborong Kushedya Hari Yudo.

Ia merupakan pemain baru Arema yang dipasang sejak menit awal. Sama seperti Dave Mustaine dan Oh In Kyun. Yudo langsung mengagetkan gawang Persikabo karena langsung mencetak gol ketika laga baru berjalan lima menit.

Kemudian Yudo mencetak gol lagi pada menit 49′. Padahal, Persikabo menurunkan skuat terbaiknya termasuk memasang duet Alex Goncalves dan Ciro Alves di lini depan. Tapi lini belakang Arema tampil solid sehingga tidak mampu untuk mengejar ketertinggalan.

Sementara itu, Yudo menjadi pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 musim ini. Dua golnya itu setara dengan Goncalves dan Wander Luiz. Torehan kedua pemain itu layak mendapat perhatian dari Shin Tae-Yong sebagai Pelatih Indonesia yang akan melawan Uni Emirat Arab pada 31 Maret mendatang.

Dampak Virus Corona

Positifnya dua orang warga Indonesia yang terpapar virus Corona bisa membuat Liga 1 digelar tanpa penonton. Bahkan ada kabar bahwa pekan kedua Liga 1 musim ini akan ditunda. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan soal kelanjutan Liga 1 musim ini.

“Saya barusan dapat pertanyaan arahan dari Ketum (Ketua Umum) PSSI, beliau sudah menyampaikan. Tentunya saya akan tanyakan ke yang punya otoritas, yaitu Menteri Kesehatan,” terang Zainudin seperti dikutip dari Media Indonesia.