Home Liga Italia Kualifikasi Piala Eropa 2020: Italia Bungkam Armenia 3-1

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Italia Bungkam Armenia 3-1

50
0
italia

Skuad timnas Italia berhasil memetik hasil sempurna kala melakoni partai lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 menghadapi Armenia. Skuad suhan Roberto Mancini ini sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan, yakni 3-1. Dua dari tiga gol kemenangan Italia dicetak oleh striker asal klub Torino, yakni Andrea Belotti, dan sisanya dicetak oleh Lorenzo Pellegrini.

Kemenangan sukses membuat Italia kokoh di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 15 poin, hasil dari meraih 100 persen kemenangan dari lima laga. Sedangkan Armenia duduk di posisi 3 klasemen dengan mengoleksi poin 6.

Ringkasan Pertandingan

Berlaga di Vazgen Sargsyan Republican Stadium, Italia yang menjadi tamu langsung mendapat perlawanan ketat dari Armenia sejak laga baru dimulai. Tak butuh waktu lama bagi Armenia bahkan untuk membuka skor atas skuad Gli Azzuri.

Pada menit ke-11 Karapetyan sukses membobol gawang Italia yang dijaga Gianluigi Donnarumma untuk ubah skor menjadi 1-1. Gol Karapetyan ini diawali kesalahan Nicolo Barella yang terlalu lama menahan bola di tengah sehingga bola bisa dicuri pemain Armenia. Karapetyan yang mendapat bola di posisi strategis pun langsung menembak bola dengan akurat yang sukses memperdaya kiper Italia.

Italia coba bangkit usai dikejutkan dengan gol dari Armenia, dimana mereka menaikan tensi permainan dan membuat skuad Armenia mulai terdesak mundur.

Beberapa serangan pun sukses dilancarkan oleh Itali, salah satunya melalui aksi Federico Bernadeschi. Namun tendangan winger Juventus itu masih bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Armenia.

Sampai pada akhirnya, di menit le-28 gol pun lahir bagi skuad Italia berkat aksi Andrea Belotti. Gol berawal dari pergerakan Emerson Palmieri di sisi sayap. Bek sayap milik Chelsea itu kemudian melepaskan umpan ke muka gawang Armenia yang langsung disambar Andrea Belotti. Penyerang milik klub Torino itu pun sukses ubah skor menjadi 1-1.

Di penghujung babak pertama, Armenia ditimpa masalah dimana sang pencetak golnya, yakni Karapetyan diganjar kartu merah oleh wasit. Armenia pun harus melewati laga dengan hanya 10 pemain di atas lapangan.

Pada babak kedua, keunggulan jumlah pemain benar benar sukses dimanfaatkan oleh skuad Gli Azzuri. Sebuah serangan berhasil lahirkan gol kedua untuk timnas pemenangan Piala Dunia 2006 tersebut. Ialah Lorenzo Pellegrini yang berhasil membuat Italia berbalik ungguil 1-2. Gelandang AS Roma itu membobol gawang Armenia memanfaatkan umpan Leonardo Bonucci.

Selang tiga menit, bek Armenia yang lengah dihukum dengan lahirnya gol ketiga untuk skuad Italia. Gol ini lahir melalui kreasi kedua Andrea Belotti. Berawal dari kerjasamanya dengan Stefano Sensi, Belotti sukses memperdaya dua bek Armenia sebelum melepaskan bola ke gawang untuk ubah skor menjadi 1-3. Kedudukan 1-3 untuk kemenangan Italia pun tak berubah sampai wasit meniuo peluit tanda berakhirnya laga.