Home Liga Inggris Bursa Transfer Musim Panas Tahun 2019, Premier League Habiskan Total 24,2 Triliun...

Bursa Transfer Musim Panas Tahun 2019, Premier League Habiskan Total 24,2 Triliun Rupiah

120
0
liga inggris

Bursa Transfer musim panas di tahun 2019 baru saja resmi ditutup khusus untuk wilayah Premier League Inggris, pada hari Kamis (8/8/2019) dini hari WIB. Dari 20 kesebelasan Liga Inggris, ada nominal mencapai 1,41 miliar pounds, atau setara 24,2 triliun rupiah sebagai anggaran total yang dikeluarkan oleh klub klub EPL. Namun meski nilainya fantastis, nilai ini belum mampu menggeser rekor anggaran total EPL tertinggi di tahun 2017.

Pada Bursa Transfer musim pana tahun 2019, nama Harry Maguire muncul sebagai pemain yang sukses jadi pemain termahal di sektor Liga Inggris. Bek tengah asal Inggris itu ditebus Manchester United dari Leicester City dengan mahar mencapai 80 juta poundsterling atau sekitar 1,2 triliun rupiah.

Arsenal menjadi tim yang mengeluarkan biaya paling besar seantero Inggris di Bursa Transfer kali ini. Manajemen The Gunners total mengeluarkan dana mencapai 155 juta poundsterling untuk mendatangkan enam pemain.

Ini cukup mengejutkan lantaran di awal Jendela Transfer, manajemen Arsenal tegaskan hanya memiliki anggaran tak sampai 50 juta pounds. Namun dengan kinerjanya yang efektif, Arsenal mampu memutar dana tersebut dengan menjual cukup banyak pemain hingga mereka cukup memiliki dana untuk daratkan banyak pemain.

Sementara itu pada posisi dua, ada klub kaya raya asal kota Manchester, yakni Manchester City. Jawara Liga Inggris musim lalu itu mengeluarkan biaya total 150 juta pounds untuk belanja. Sedangkan di posisi 3 dan 4 masing masing ada Aston Villa dan Everton dengan anggaran belanja mencapai 125 juta pounds dan 110 juta pounds.

Nilai 24,2 Triliun Tahun ini Belum Kalahkan Rekor Belanja Klub EPL di Tahun 2017

Kendati anggaran belanja total seluruh tim mencapai 24,2 triliun rupiah, namun ternyata anggaran sebesar itu belum mampu memecahkan rekor belanja di tahun 2017. Ketika itu klub klub Liga Inggris memiliki anggaran belanja total mencapai 1,43 miliar poundsterling.

Tidak hanya dari segi nilai anggaran, akan tetapi total aktifitas transfer untuk wilayah Inggris pun tahun ini tercatat alami penurunan. Melansir laporan yang dibuat media BBC, musim panas tahun ini hanya ada total 101 aktifitas transfer. Cukup jauh berada di bawah pada tahun 2017 yang total aktifitasnya mencapai 124 transfer. Total aktifitas transfer tahun ini juga masih di bawah tahun lalu yang mencapai 109.

Catatan ini juga memperlihatkan bahwa selama enam musim terakhir, jumlah aktifitas transfer di Inggris terus menerus alami penurunan. Padahal di tahun 2014 yang lalu, ada total 157 aktifitas transfer yang terjadi di Inggris.